welcome to my blog

welcome to my blog

Minggu, 24 November 2013

Hasil Pengamatan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Saat Sedang Bermain

LAPORAN
METODE PENGEMBANGAN MORAL
DAN NILAI-NILAI AGAMA

Hasil Pengamatan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Saat Sedang Bermain

Disusun Oleh :
Fitri Rohmawati
1205125045
Kelas : B Pagi


Dosen
Abigailena, S.Paud, M.Pd.K


PROGRAM STUDI S1-PAUD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2013
1.      Buatlah 5 laporan tentang hasil pengamatan dari kehidupan anakpada saat mereka bergaul dengan temannya. Hal yang perlu diperhatikan adalahbermacam-macam sikap anak pada saat bergauldengan sesamanya, lalu simpulakn apa yang dapat anda tangkap dari fragmen kehidupan anak tersebut.

š Tabel Hasil Pengamatan Dari Kehidupan Anak Pada Saat Mereka Bergaul Dengan Temannya.
No
Nama Anak
Jenis Kelamin
Usia
Hari / Tanggal
Kejadian
Keterangan
1.       
Rahmi
P
4 Thn
10/10/2013
Menyendiri saat teman-temannya bermain bersama.
Rahmi memang terbilang anak yang pendiam (tidak terlalu banyak tingkah). Saat diputarkan sebuah lagu, anak-anak yang lain langsung menari dengan gayanya masing-masing dan ada yang  menari sambil bergandengan tangan dengan anak yang lain. Kecuali rahmi, ia hanya duduk berdiam diri seraya memperhatikan teman-temannya bergoyang.
2.       
Rio
L
4 Thn
10/10/2013
Melempar pasir ke arah teman yg lain
Awalnya Rio bermain pasir dengan baik, namun tanpa sengaja pasir yang di ambilnya terlempar dan mengenai teman didepannya. Rio merasa hal itu menarik, sehingga ia mulai melempari teman-temannya dengan pasir.
3.       
Alika
P
5 Thn
10/10/2013
Memberi tahu saat temannya melakukan kesalahan dengan kalimat “ sudah, nggak boleh kayak gitu”
Saat Rio melempar pasir ke arah Alika, dengan kesal Alika memberi tahu Rio bahwa melempar pasir kea rah teman itu tidak boleh. Hal ini dikarenakan orang tua Alika yang membiasakan menegur Alika saat menjaili teman-temannya.
4.       
Delia
P
5 Thn
10/10/2013
Delia selalu ingin mengikuti apa yang dilakukan ibunya.
Saat Ibu Delia melaksanakan ibadah sholat, Delia selalu ingin mengikutinya dengan berkata kepada orang-orang disekitarnya “Aku mau sholat dulu ya”.
5.       
Rizky
L
4 Thn
10/10/2013
Tidak mau berbagi mainan dengan orang lain.
Saat sedang bermain mobil-mobilan bersama teman-temannya, Rizky tidak mau meminjamkan mainan yang dia miliki. Saat mainannya diambil Rizky akan marah dan mulai mendorong temannya itu.


š Kesimpulan :
Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter itu akan terlihat saat mereka sedang bermain bersama dengan teman-teman sebaya maupun teman-teman yang lebih muda dan lebih tua dari usia mereka.

Dari hasil observasi yang dilakukan terlihat perbedaan karakter setiap anak. Ada yang manja, pemalu, penakut, bijak, dan aktif. Hal ini bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang didapat dari lingkungan disekitar mereka seperti lingkungan keluarga anak itu sendri. Bisa saja karena sering dimanja, Anak tersebut akan menjadi egois. Ini akan berpengaruh kepada nilai-nilai moral anak ketika dewasa nanti. Ia akan selalu bergantung kepada orang lain. Lalu anak yang dari awal telah dikenalkan tentang nilai-nilai agama oleh orang tuanya seperti Delia, maka nilai-nilai agama itu akan menjadi kebiasaan dalam kesehehariannya hingga dia dewasa nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar